Karakteristik Benua Eropa (Letak Astronomis dan Geografis Benua Eropa, Batas-batas Benua Eropa, Ciri-ciri Sosial, Bentang Alam dan Iklim Benua Eropa)

Berikut ini adalah pembahasan tentang benua Eropa yang meliputi karakteristik benua eropa, letak benua eropa, letak geografis benua eropa, letak astronomis benua eropa, batas benua eropa, keadaan alam benua eropa, sosial budaya benua eropa, iklim benua eropa, ciri ciri sosial benua eropa, sebutkan 3 ciri-ciri sosial benua eropa, batas batas benua eropa, bentang alam benua eropa, luas benua eropa.

Karakteristik Benua Eropa

Pada peta, Benua Eropa tidak terlihat seperti sebuah benua. Ingatlah, Eropa dan Asia berada dalam satu daratan yang disebut Eurasia! Eropa adalah bagian paling barat dari daratan Eurasia.

Namun, karena karakterisktik dan peranannya sangat menonjol, maka Eropa dinyatakan sebagai benua tersendiri.

a. Letak dan luas benua Eropa

Wilayahnya terbentang dari Tanjung Utara (North Cape) di Norwegia sampai Pulau Kreta di Laut Merah. Dari barat ke timur mulai dari Tanjung Sao Vicente di Portugal sampai Pegunungan Ural di Rusia.

Letak astronomis Eropa antara 34o51’ LU – 71o06’ LU dan 9o27’ BB – 66o20’ BT. Eropa adalah benua terkecil kedua setelah Australia. Wilayahnya hanya 7% dari luas daratan di muka bumi (±10.531.623 km2) dan terbagi atas Eropa Utara, Eropa Selatan, Eropa Timur dan Eropa Barat.

Berikut ini batas-batas geografis benua Eropa.
  • Sebelah utara : Samudra Arktik.
  • Sebelah timur : Pegunungan Ural (batas dengan Benua Asia), Sungai Ural, dan Laut Kaspia.
  • Sebelah selatan : Pegunungan Kaukasus, Laut Hitam, dan Laut Tengah.
  • Sebelah barat : Samudra Atlantik.

Perhatikan peta pada gambar peta benua eropa di bawah, atau bukalah atlasmu!
Peta: Benua Eropa dan Pembagian Wilayahnya
Peta: Benua Eropa dan Pembagian Wilayahnya

b. Bentang alam benua Eropa

Wilayah Eropa memiliki topografi yang bervariasi, meliputi dataran tinggi di bagian utara dan barat laut, dataran rendah di bagian tengah hingga timur, dan wilayah pegunungan di bagian selatan dan barat daya.

1. Dataran tinggi barat laut

Dataran ini membentang dari Britania di Perancis Barat melalui Kepulauan Inggris dan Skandinavia menuju Samudra Arktik. Wilayahnya berupa pegunungan berbatu, plato tinggi, dan lembah dalam. Ketinggiannya beragam.

2. Dataran rendah tengah (Plain)

Dataran ini membentang dari lembah Garone di Perancis Barat Daya hingga Pegunungan Ural, meliputi Perancis Utara, Belgia, Belanda, Britania Tenggara, Jerman Utara, Denmark, Polandia, dan hampir semua wilayah negara pecahan Rusia di Eropa. Bagian yang benar-benar datar adalah wilayah Belanda.

3. Daerah Pegunungan

Daerah ini meliputi Pegunungan Alpen yang membentang dari Spanyol hingga Kaukasus. Beberapa gunung aktif di wilayah ini, antara lain Gunung Vesuvius dan Etna di Italia. Pegunungan Alpen terdiri dari Sierra Nevada, Pyrénia, Apennine dan pulau-pulau berbukit di Laut Tengah. Pegunungan Kaukasus antara laut Hitam dan Laut Kaspia memisahkan Eropa dengan Timur Tengah.

Titik tertinggi di Eropa adalah Gunung Elbrus di Rusia (±5.642 m). Titik terendahnya terdapat di
Laut Kaspia.

Beberapa sungai utama di Eropa adalah Sungai Wolga, Thames, Donau, Rhein, dan Rhöne, dan Elbe. Danau-danau terkenal antara lain Danau Onega, Ladoga, Rybinsk, dan Danau Kaspia (sering disebut Laut Kaspia).

c. Iklim Benua Eropa

Secara umum iklim Eropa dipengaruhi oleh Arus Teluk dan Arus Atlantik. Iklim yang dialami oleh seluruh wilayah Eropa bervariasi. Lihat peta iklim pada gambar berikut!
Peta Iklim Benua Eropa
Gambar: Peta Iklim Benua Eropa

Berikut adalah karakter setiap iklim dan wilayah yang mengalaminya.
  1. Iklim maritim dialami oleh kawasan Atlantik (Irlandia, Inggris, Belgia, dan Belanda). Karakter musim dingin nyaman, musim panas sejuk, dan curah hujan cukup.
  2. Iklim arktik dan subarktik dialami oleh wilayah bagian utara (Islandia, Rusia Utara, Swedia Utara, dan pantai utara Norwegia). Musim panasnya pendek, dan musim dingin sangat pan-jang dengan suhu sangat rendah.
  3. Iklim kontinental/benua dialami oleh Eropa bagian timur dan tengah. Perbedaan suhu musim dingin dan musim panas sangat ekstrim. Sedikitnya curah hujan dipengaruhi oleh angin barat Samudra Atlantik.
  4. Iklim mediterania dialami oleh wilayah Eropa bagian selatan di sekitar Laut Tengah.
  5. Iklim pegunungan dialami oleh daerah-daerah pegunungan. Iklim itu dipengaruhi oleh ketinggian.

d. Sosial budaya benua Eropa

Jumlah penduduk Eropa pada pertengahan 2007 mencapai 733 juta jiwa. Wilayah dengan penduduk terpadat adalah Eropa Timur.

Masyarakat Eropa adalah bangsa kulit putih yang dapat dibedakan menjadi beberapa kelompok. Kelompok tersebut adalah orang Nordik (Norwegia, Swedia, Jerman), orang Alpen (Perancis dan Swiss), orang Dinara (Rumania), dan orang Mediterania (Italia, Portugal, dan Spanyol), orang Slavia (Rusia, Polandia, dan Bulgaria).

Masyarakat Eropa bagian barat dan utara sebagian besar adalah pemeluk Kristen. Sebagian besar penduduk Eropa tengah dan selatan adalah pemeluk Katolik Roma. Sebagian besar masyarakat Turki adalah pemeluk Islam. Mayoritas penduduk wilayah timur dan tenggara adalah pemeluk Kristen Yunani.

Berbagai agama lain juga hidup di benua ini. Eropa adalah tempat lahirnya berbagai bahasa yang kini digunakan oleh banyak masyarakat di dunia. Misalnya bahasa Inggris, Jerman, Perancis, Italia, Spanyol, dan lain-lain.

e. Perekonomian Benua Eropa

Perekonomian di kawasan Eropa berkembang pesat. Potensi penduduk maupun wilayahnya sangat mendukung berbagai kegiatan perekonomian, seperti pertanian, peternakan, perdagangan, dan perindustrian.

Kegiatan pertanian dilakukan dengan konsep serta peralatan modern untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Demikian pula halnya dengan peternakan. Kegiatan industri maju pesat sejak era revolusi industri yang juga dipelopori oleh negara di kawasan Eropa.

Negara-negara yang memiliki hasil pertanian dominan, misalnya Inggris, Belanda, dan lain-lain. Hasil-hasil peternakan terutama diberikan oleh Denmark, Spanyol, dan Belanda.

Negara industri yang terkenal misalnya Jerman, Inggris, dan Rusia. Hasil industrinya berupa otomotif, mesin-mesin berat, elektronika, dan sebagainya.

Secara keseluruhan negara-negara di kawasan Eropa tumbuh menjadi negara maju, terutama negara-negara di kawasan Eropa Barat (Jerman, Prancis, Belanda, dan lain-lain).

0 Response to "Karakteristik Benua Eropa (Letak Astronomis dan Geografis Benua Eropa, Batas-batas Benua Eropa, Ciri-ciri Sosial, Bentang Alam dan Iklim Benua Eropa)"

Posting Komentar