Bagaimana Cara Menyimpulkan Isi Berita?

Berikut ini adalah pembahasan ringkas tentang menyimpulkan isi berita, menyimpulkan pokok pokok berita, cara menyimpulkan isi berita, cara menyimpulkan berita, bagaimana cara menyimpulkan berita dari televisi, menentukan pokok pokok berita.

Menyimpulkan Isi Berita

Pada pembahasan sebelumnya telah dijelaskan materi tentang bagaimana menemukan pokok berita. Kamu juga sudah dapat menuliskan pokok berita tersebut menjadi kalimat-kalimat yang padu.

Kalimat-kalimat tersebut merupakan kesimpulan berita. Kalau kebiasaan tersebut sering kamu lakukan, kamu sudah melakukan kegiatan mendengarkan yang baik.

Artinya, ketika kamu mendengarkan berita, kamu sekaligus dapat menuliskan berita yang sudah kamu dengar. Sebuah kebiasaan yang sangat berharga, bukan? Bukankah para pemenang adalah para penguasa informasi? Siapa yang menguasai informasi akan menguasai dunia.

Pada pembahasan kali ini kamu akan diajak untuk memperdalam kemampuan mendengarkan berita. Berita yang kamu dengarkan tidak hanya ditentukan pokok-pokoknya dan kesimpulannya, tetapi kamu diajak berlatih menulis ulang berita yang kamu dengarkan tersebut.

Langkah-langkah Cara Menyimpulkan Isi Berita

Langkah-langkahnya adalah berikut ini.
  1. Mencatat pokok-pokok berita secara lengkap.
  2. Mengelompok-ngelompokkan pokok-pokok berita yang sudah dicatat.
  3. Menulis tiap kelompok pokok berita tersebut menjadi sebuah paragraf.
  4. Menyusun atau mengurutkan paragraf-paragraf tersebut.

Dengan empat langkah tersebut berita yang kamu dengarkan akan dapat kamu tulis ulang menjadi berita tulisan kamu sendiri. Lebih menarik dan menantang, bukan? Anak-anak seusia kamu adalah anak-anak yang suka petualangan dan tantangan.

0 Response to "Bagaimana Cara Menyimpulkan Isi Berita?"

Posting Komentar