Macam-macam Contoh Teks Perangkat Upacara Bendera Hari Senin di Sekolah

Berikut ini adalah pembahasan tentang Teks Perangkat Upacara Bendera yang meliputi Membacakan Berbagai Teks Perangkat Upacara, teks perangkat upacara, naskah perangkat upacara, macam macam teks perangkat upacara, contoh teks perangkat upacara, cara membaca teks perangkat upacara, teks perangkat upacara bendera, upacara bendera hari senin, teks janji siswa, doa upacara bendera hari senin, teks doa upacara bendera hari senin, teks protokol upacara bendera, amanat pembina upacara hari senin, teks janji siswa pada upacara bendera, teks pembukaan undang undang dasar, teks pembukaan uud 1945, naskah pembukaan uud 1945.

Cara Membaca Teks Perangkat Upacara

Membaca nyaring bersuara merupakan kegiatan membaca supaya pembaca dan pendengar bisa memahami isi bacaan. Membaca teks perangkat upacara adalah salah satu kegiatan membaca nyaring.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembacaan teks perangkat upacara, yaitu lafal, intonasi, jeda, improvisasi, dan sikap. 
  1. Pengucapan secara tepat pada setiap kata adalah lafal yang perlu diperhatikan dalam pembacaan teks perangkat upacara. 
  2. Tinggi-rendah, cepat-lambat, dan lagu kalimat juga perlu diperhatikan. 
  3. Pemenggalan teks atau jeda juga menentukan makna dalam pembacaan teks. 
  4. Penekanan kata pada hal yang penting merupakan improvisasi dalam pembacaan teks. 
  5. Sikap dalam membaca juga menentukan keberhasilan membaca teks perangkat upacara.

Macam-macam Contoh Teks Perangkat Upacara Bendera Hari Senin di Sekolah

Berikut ini adalah beberapa contoh teks perangkat upacara yang sering dibacakan pada setiap hari senin di sekolah.

1. Contoh Teks Pembukaan UUD 1945

UNDANG-UNDANG DASAR
NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945
Pembukaan

Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia, dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.

Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada: Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

2. Contoh Teks Ikrar Janji Siswa pada Upacara Bendera

Ikrar Siswa Indonesia

1. Kami Siswa Indonesia
Adalah makhluk dan hamba Tuhan Yang Maha Esa, dan bertaqwa kepada-Nya.
2. Kami Siswa Indonesia
Adalah putra-putri bangsa, setia kepada negara, Proklamasi 17 Agustus 1945, yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
3. Kami Siswa Indonesia
Patuh kepada orang tua dan guru, giat belajar menuntut ilmu, berdiri tegak menjadi pandu ibuku.
4. Kami Siswa Indonesia
Adalah generasi muda tunas-tunas bangsa, berusaha untuk menjadi generasi penerus yang baik, bertanggung jawab, mampu mengisi dan mempertahankan kemerdekaan bangsa.
5. Kami Siswa Indonesia
Bertekad meneruskan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

3. Contoh Teks Doa Upacara Bendera Hari Senin

DOA

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Dengan memanjatkan puji syukur ke hadiratMu yaa Allah, seraya menadahkan tangan, kami mohon karuniaMu, semoga Engkau berkenan melimpahkan rahmat, berkah dan ridloMu, sehingga kami dapat melaksanakan upacara dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan khidmat.
  • Yaa Allah, limpahkanlah hidayah kepada kami serta kepada para pemimpin kami, dalam mewujudkan cita-cita membangun masyarakat aman, adil, makmur, dan sejahtera.
  • Tuhan Yang Maha Pemurah, berilah jalan terang kepada generasi penerus, sehingga dapat mewujudkan cita-cita kami menjadi generasi penerus yang berguna bagi bangsa, negara, dan agama.
  • Yaa Rahman, yaa Rahim, bukakanlah hati kami dan berilah petunjuk kepada kami sehingga dapat melanjutkan perjuangan pendahulu-pendahulu kami dalam mengembangkan ilmu pengetahuan di dunia pendidikan.
  • Yaa Allah Yang Maha Pengampun, ampunilah dosa dan kesalahan kami, orang tua kami, guru kami, serta orang-orang yang menyayangi di sekeliling kami, terlebih para pejuang yang telah mendahului kami.
  • Yaa Allah, tunjukkanlah kepada kami yang benar itu benar dan yang salah itu salah.
Amiin, walhamdulillahirabbil’alamin.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baca juga: Pokok-pokok Isi Berita

0 Response to "Macam-macam Contoh Teks Perangkat Upacara Bendera Hari Senin di Sekolah"

Posting Komentar