Pengertian dan Contoh Buku Harian (Diary) serta Cara Membuat Buku Harian (Diary)

Berikut ini adalah pembahasan tenang buku harian yang meliputi pengertian buku harian, pengertian buku diary, contoh buku harian pribadi, contoh buku diary, cara membuat buku harian, cara menulis buku harian, cara membuat buku diary, contoh isi buku harian, cara membuat buku diary sendiri, contoh diary kegiatan sehari hari, contoh penulisan buku harian.

Pengertian Bukuh Harian (Diary)

Buku Harian atau Diary adalah catatan kejadian yang kita alami sehari-hari. 
Catatan pribadi atau sering disebut buku harian merupakan salah satu sarana untuk menumpahkan perasaaan, pengalaman, dan pikiran. Nah, marilah kita mulai belajar menulis buku harian. Banyak cerpen, novel, dan tulisan-tulisan terkenal muncul dari buku harian.

Contoh Buku Harian (Diary) Pribadi

Untuk memahami tentang buku harian, amatilah beragam contoh penulisan dan pengungkapan buku harian berikut!

Contoh 1

Senin, 17 Maret 2008. Betapa malunya aku saat itu, di kelas aku mengantuk dan ketahuan guru. Semalaman aku memang tidak bisa tidur. Aku disuruh jaga rumah sendirian. Ayah, ibu dan adikku ke rumah nenek untuk menjenguk nenek yang sedang sakit. Jujur saja, sebenarnya aku ketakutan di rumah sendirian. Aku tidak bisa tidur. Ayah, ibu, dan adikku pulang sampai pukul 04.00. Praktis, aku tidak bisa tidur semalaman. Begitulah, pagi harinya aku mengantuk dan ketahuan guru lagi. Aku malu sekali.

Contoh 2

Senin, 24 Maret 2008
Hatiku dibuai rasa haru
Segenap keluarga penuh perhatian padaku
Rasa sayang
Dan doa-doa harapan
Semua tertuju padaku
Pada hari ulang tahunku

Contoh 3

Pengertian dan Contoh Buku Harian (Diary) serta Cara Membuat Buku Harian (Diary)

Cara Membuat Buku Harian Pribadi

Setelah kamu memahami tentang buku harian, cobalah kamu tulis buku harian! Tulisanmu itu bisa diambil dari pengalaman, ide-ide pikiran kamu, atau perasaan yang pernah kamu rasakan. Sebaiknya kamu menggunakan kalimat-kalimat yang ekspresif.

Artinya, apa yang kamu tulis di buku harian pasti sesuatu yang mengesankan. Sesuatu yang mengesankan biasanya melibatkan pikiran dan perasaan. Supaya pikiran dan perasaanmu terlahir dalam tulisan maka keluarkan saja apa yang ada di pikiran dan perasaanmu apa adanya.

Contoh
  1. Aku terpaksa turun dari angkot karena lupa membawa dompet.
  2. Sebuah hari yang sial. Dengan sejuta perasaan malu dan dongkol aku turun dari angkot. Gara-garanya sepele. Dompetku ketinggalan. Benar-benar sial.
  3. Aku akhirnya dapat mencetak gol dari posisi yang sulit.
  4. Baru kali ini aku mendapatkan kebahagiaan yang tiada tara. Dari posisi yang sangat sulit aku bisa menjebol gawang lawan. Yes...!

Contoh (1) dan (3) kurang ekspresif dan datar saja, bukan? Sebaliknya contoh (2) dan (4) seolah-olah benar-benar muncul penuh perasaan dari penulisnya. Contoh seperti itulah yang ekspresif. Kemampuan berekspresi termasuk kecerdasan tersendiri.

Kamu berarti berlatih untuk cerdas emosi. Kamu pasti sudah mendengar bahwa kecerdasan emosi ternyata lebih banyak berperan dalam mejadikan seseorang sukses dibanding kecerdasan intelektual.

Baca juga: Teks Perangkat Upacara

0 Response to "Pengertian dan Contoh Buku Harian (Diary) serta Cara Membuat Buku Harian (Diary)"

Posting Komentar