Bentuk, Luas, Batasan dan Kondisi Penduduk Indonesia

Pembahasan kali ini akan membahas mengenai bentuk negara indonesia, luas negara indonesia, batasan negara indonesia, Kondisi penduduk indonesia dan jumlah penduduk indonesi.


Bentuk, Luas, dan Batas Negara

Sebagai negara kepulauan dengan jumlah pulau kurang lebih 17.500 pulau, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Dapatkah kamu bayangkan berapa panjangnya garis pantai yang dimiliki Indonesia? 81.497 km atau setara dua kali keliling bumi di Khatulistiwa.

Saat ini Indonesia memiliki sekitar 17.500 pulau. Dari jumlah itu sebanyak 24 dinyatakan hilang karena pemanasan global, penambangan pasir, dan bencana alam.

Sebanyak 92 pulau termasuk pulau kecil terluar. Baru 7.870 pulau yang telah memiliki nama. Dengan demikian masih ada lebih dari 9000 pulau yang belum memiliki nama. (Tempo, 4 November 2007)

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki luas wilayah 5.193.252 km2. Luas pulau-pulaunya 1.904.569 km2 dan luas lautannya 3.288.683 km2. jika dibandingkan, perbandingan luas daratan dan lautan ialah 2 : 3.

Negara yang luas ini di sebelah utara berbatasan dengan Malaysia, Singapura, Filipina, Selat Malaka, Selat Singapura, Laut Cina Selatan, dan Samudera Pasifik. Di sebelah barat berbatasan dengan Samudera Hindia.

Di sebelah timur berbatasan dengan Papua Nugini. Di sebelah selatan, Indonesia berbatasan dengan Timor Leste, Australia, Samudera Hindia, Laut Timor, dan Laut Arafura.

Kondisi Penduduk

Wilayah Indonesia terbentang dari Sabang di barat sampai Merauke di timur, dari Pulau We di utara sampai Pulau Roti di selatan. Sebagai sebuah negara berdaulat, Indonesia memiliki penduduk, salah satu syarat berdirinya sebuah negara.

Dengan jumlah penduduk 241.973.880 jiwa pada tahun 2005, Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar kelima di dunia. Penduduk Indonesia memiliki keunikan tersendiri karena terdiri atas berbagai suku, bahasa, agama, dan budaya.

Bagaimana keadaan penduduk Indonesia dari segi jumlah dan persebarannya? Persebaran penduduk atau disebut juga distribusi penduduk. Secara geografis, penduduk Indonesia tersebar di beberapa pulau besar dan pulau-pulau atau kepulauan. Secara administratif (dan politis), penduduk Indonesia tersebar di 33 propinsi.

Jika kita mau memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya, kita harus belajar memahami kondisi penduduk di lingkungan tersebut. Kondisi penduduk dapat ditinjau dari segi ekonomi dan kebudayaannya.

Baca Juga: Kondisi Ekonomi dan Budaya Indonesia

0 Response to "Bentuk, Luas, Batasan dan Kondisi Penduduk Indonesia"

Posting Komentar