Kondisi Ekonomi dan Budaya Negara Indonesia

Pembahasan kali ini akan membahas mengenai kondisi ekonomi indonesia, kondisi budaya indonesia, contoh penduduk memanfaatkan lingkungannya dan kebudayaan indonesia.


Kondisi Ekonomi dan Budaya

Jika kita mau memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya, kita harus belajar memahami kondisi penduduk di lingkungan tersebut. Kondisi penduduk dapat ditinjau dari segi ekonomi dan kebudayaannya.

a. Kondisi Ekonomi

Dari segi ekonomi, kondisi penduduk berkaitan erat dengan kondisi geografis tempat penduduk itu berada. Dalam usaha memenuhi kebutuhannya, penduduk berusaha beradaptasi dengan lingkungannya dan memanfaatkan lingkungannya.

Contoh penduduk beradaptasi dengan lingkungannya ialah jika dia tinggal di desa,kegiatan ekonomi yang dapat dilakukannya berkaitan dengan kegiatan agraris, seperti bertani dan berladang atau beternak.

Jika dia tinggal di kota, kegiatan ekonomi yang dapat dilakukannya ialah berdagang atau bekerja di kantor atau pabrik.

Contoh penduduk memanfaatkan lingkungannya ialah jika dia berada di daerah dataran rendah, kegiatan ekonomi yang dapat dilakukan antara lain kegiatan pertanian yang menghasilkan tanaman pangan dan tanaman komoditas.

Penduduk yang berada di daerah bidang perkebunan dan kehutanan, pertanian hortikultura, dan industri pariwisata alam pegunungan. Penduduk yang berada di daerah pantai akan memanfaatkan lingkungannya untuk usaha perikanan dan wisata pantai.

Penduduk yang tinggal di daerah pedalaman akan berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya antara lain dengan berburu dan meramu sumber daya alam yang tersedia di lingkungannya.

b. Kondisi Kebudayaan

Kebudayaan merupakan hasil olah pikir manusia, baik yang bersifat abstrak maupun konkret. Dengan demikian, ruang lingkup kebudayaan sangat luas.

Hasil kebudayaan tampak dalam bidang pemerintahan, hukum, adat-istiadat, agama, kesenian, bahasa, gagasan, ide, bentuk rumah, dan lain-lain.

Dengan jumlah suku kurang lebih 370 suku bangsa, Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya budaya. Setiap suku mempunyai hasil kebudayaan tersendiri.

Apa kaitannya antara kebudayaan dan kondisi geografis? Ingatlah bahwa manusia selalu berusaha beradaptasi atau memanfaatkan lingkungannya untuk mempertahankan hidupnya.

Penduduk yang menempati suatu wilayah akan terpengaruh dengan keadaan geografis wilayah tersebut. Contohnya, rumah adat sebagai hasil budaya. Di daerah yang memiliki hutan lebat dan banyak binatang buas, atau daerah berawa-rawa, bentuk rumahnya ialah rumah panggung.

Bandingkanlah cara berpakaian penduduk yang tinggal di pegunungan dan penduduk yang tinggal di tepi pantai. Penduduk daerah mana yang pakaiannya terbuat dari bahan yang relatif lebih tebal? Demikian juga dengan mata pencaharian penduduk. Misalnya, mereka yang tinggal di tepi pantai kebanyakan akan bekerja sebagai nelayan.

Baca Juga: Hubungan Internasional Indonesia

0 Response to "Kondisi Ekonomi dan Budaya Negara Indonesia "

Posting Komentar