Peranan Hubungan dan Kerjasama Internasional Indonesia dengan Negara Lain Serta Jalur Yang Digunakan

Pembahasan kali ini akan membahas mengenai peranan perdagangan internasional ,kerjasama internasional ,hubungan internasional ,peran indonesia dalam hubungan internasional ,hubungan internasional indonesia ,hubungan indonesia dengan negara lain ,makna hubungan internasional ,kerjasama ekonomi internasional ,kerjasama internasional indonesia ,sarjana hubungan internasional ,hubungan bilateral indonesia ,pentingnya hubungan internasional bagi suatu negara jalur pelayaran internasional dan jalur perdagangan indonesia.


Peranan Perdagangan Internasional

Hubungan internasional antara Indonesia dengan bangsa-bangsa di Asia Barat, Asia Selatan, dan Cina sudah tercipta sejak lama. Hubungan internasional itu terjadi karena Indonesia memiliki posisi yang strategis dalam jalur perdagangan internasional.

Karena posisinya yang strategis, Indonesia memiliki bandar-bandar perdagangan yang disinggahi kaum pedagang. Mereka inilah yang berperan dalam menyebarkan ajaran agama dan kebudayaan, seperti Hindu-Buddha, Islam, dan Kristen.

Jalur perdagangan yang digunakan ialah jalur perdagangan melalui laut (dikenal sebagai Jalur Emas), dan jalur perdagangan melalui darat (dikenal sebagai Jalur Sutra).

Adapun jalur laut melalui Maluku - Malaka - Gujarat (India) - Persia atau ke Laut Merah, kemudian dibawa oleh pedagang melalui gurun pasir ke pantai Laut Tengah (Mediternia), dari sini dibawa oleh bangsa Eropa dengan kapal ke Venesia dan pelabuhan Lisabon di Spanyol.

Jalur darat melalui Malaka - daratan China dibawa oleh pedagang dengan kendaraan darat seperti onta, kuda, dan keledai menuju ke Persia. Dari Persia, barang dagangan dibawa ke pantai Laut Tengah dan selanjutnya oleh bangsa Eropa dibawa dengan kapal ke Venesia dan Lisabon di Spanyol.

Kedua jalur itu merupakan jalur perjalanan pedagang dan barang dagangannya yang berasal dari Barat dibawa ke Timur, dan sebaliknya. Perdagangan melalui jalur itu juga dipengaruhi oleh adanya Angin Muson Barat Laut dan Angin Muson Tenggara.

Pergantian kedua jenis angin tersebut memakan waktu 6 bulan sekali sehingga memengaruhi perjalanan kapal maupun darat.

Baca Juga: Letak Antronomis Indonesia

0 Response to "Peranan Hubungan dan Kerjasama Internasional Indonesia dengan Negara Lain Serta Jalur Yang Digunakan"

Posting Komentar